Odong Odong Sunatan Di Bekasi


Bekasi - Ada salah satu yang unik ketika mereka akan menyunatkan anaknya. Gambar ini saya ambil ketika ada yang diarak keliling kampung. Namanya Odong-Odong. Orang tua harus merogoh kantongnya sebesar dua setengah juta rupiah untuk membayar Odong – Odong. 

Sebuah atraksi kesenian daerah yang masih banyak dijumpai di sekitar Karawang dan Bekasi. Anak kecil yang akan disunat, diarak berkeliling kampung di atas sebuah tandu yang di atasnya terdapat tempat duduk yang berbentuk singa. Kadangkala, tak hanya satu anak saja, tetapi berbarengan dengan yang lain. Pada umumnya, setelah panen raya di daerah tersebut. 



Tandu diarak dengan diiringi musik yang dengan pengeras suara, dan dua atau tiga orang penyanyi (sinden). Di suatu tempat yang agak lapang, iring-iringan ini akan berhenti dan mengadakan atraksi. Setelah itu, sang anak akan ditandu kembali ke tempat semula. Iseng, saya bertanya pada pemain odong-odong ini, berapa pendapatan mereka sekali memainkan odng-odong ini. Ya,Rp. 50.000,- lah, pak, jawabnya. Tapi kan nggak setiap hari kami main. Paling kalau musim panen aja, banyak yang hajatan, sambung mereka.
Author: Fahmi Syahrizal
Previous
Next Post »
Thanks for your comment